IP PBX

IP PBX adalah  sebuah hardware. Tetapi dengan perkembangan teknologi terkini IP PBX dapat pula dibangun dengan melakukan instalasi aplikasi IP PBX pada hardware yang tepat.

 

Dapat dikatakan bahwa IP PBX adalah PBX atau PABX yang dapat dengan mudah kita temui dipasaran tetapi memiliki fitur-fitur yang mendukung komunikasi berbasiskan Internet atau jaringan komputer. Solusi berbasis IP PBX merupakan konsep jaringan komunikasi generasi masa depan atau dikenal dengan istilah NGN (Next Generation Network) yang dapat mengintegrasikan jaringan telepon konvensional (PSTN/POTS), jaringan telepon bergerak (GSM/CDMA), jaringan telepon satelit, jaringan Cordless (DECT), dan jaringan berbasis paket (IP/ATM).

 

IP PBX atau Internet Protocol Private Branch Exchange adalah PABX yang menggunakan teknologi IP. IP PBX adalah perangkat switchingkomunikasi telepon dan data berbasis teknologi Internet Protocol (IP)yang mengendalikan ekstension telepon analog (TDM) maupun ekstension IP Phone. Fungsi-fungsi yang dapat dilakukan antara lain penyambungan, pengendalian, dan pemutusan hubungan telepon; translasi protokol komunikasi; translasi media komunikasi atau transcoding; serta pengendalian perangkat-perangkat IP Telepon seperti VoIP Gateway, Access Gateway, dan Trunk Gateway.

 

 

Fungsi IP-PBX semakin terasa ketika banyak karyawan di kantor. Setiap pekerja bisa menerima telepon langsung dari penelepon yang datang  dari luar tanpa bantuan Operator. Dan tidak perlu repot menghubungkan tiap telepon masuk ke nomor extension yang dituju kecuali penelepon meminta bantuan operator. Jadi, dengan hadirnya alat ini di kantor Anda, setiap karyawan di perusahaan Anda dapat terhubung dengan pelanggan yang menelepon tanpa melalui Operator.